Healthy Lifestyle, Beauty , MOM101

Thursday, 10 May 2018

5 WAYS I STAY HEALTHY






Akhir-akhir ini saya merasa jantung saya terasa sakit sepertinya ini sinyal dari dalam tubuh saya kalau pola hidup dan makan saya sudah jauh dari kata sehat meskipun saya jarang banget jajan makanan diluar tapi saya memang jarang olahraga dan mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin dan konsisten. 

Takut ? pasti, karena penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang tidak ketahuan di awal kebanyakan gejala nyeri pada dada sebelah kiri dianggap biasa saja. Sayapun berniat ingin memeriksakan diri ke rumah sakit tapi sebelum itu saya ingin mengawali hidup sehat dengan menjadi pola makan dan pola hidup agar lebih baik dari sebelumnya, mumpung masih terbilang muda sebelum terlambat iya kan ? berikut adalah 5 cara saya untuk tetap sehat, 

Consume "Green" 

Saya mulai memasukan salad sayuran dalam menu makan saya sehari-hari, mulai dari sarapan dan makan malam. Karena saya masih awam dalam mengolah menu salad untuk pertama kali saya beli salad sayuran siap saji di supermarket, lalu saya mulai mencari referensi di internet tentang berbagai menu salad sayur dan sausnya. Sampai akhirnya saya membeli saus Kewpie yang cukup terkenal dan disukai banyak orang, saus dari  Kewpie yang pertama saya coba adalah varian Thousand Island karena itu yang paling basic banget, sedangkan sayurannya saya beli Mixed Lettuce, Baby Tomato, Baby Carrot dan Timun Jepang lalu saya tambahkan tumis jamur, bawang bombay dan lada hitam atau telur rebus dan alpukat. Setelah saya membaca banyak referensi variasi mix salad sayuran pun lebih beragam dan untuk sausnya saya mengganti dengan varian Wijen Sangrai yang ternyata favorit banyak orang dan saya pun sangat suka. 

Selain salad sayuran saya juga mengkonsumsi yogurt mixed dengan buah-buahan tertutama buah berries atau smoothies buah dan sayuran setiap pagi untuk memulai hari saya. Pada saat itu, sayapun sangat mengurangi makan nasi, untuk tenaga dan lemak saya mencoba memasak steak wagyu ala rumahan dengan dressing salad romaine dan kentang goreng. 







Lalu, yang baru-baru ini bikin saya "kecanduan" adalah matcha latte. Sepertinya saya cukup telat untuk menyukai jenis minuman ini karena dulu terlalu skeptis dengan nama matcha yang teringat adalah rasanya yang pahit, namun karena saat ini saya konsen sekali dengan perawatan kulit ternyata matcha mengandung banyak kebaikan untuk kulit bahkan dapat mencegah resiko terkena kanker! Matcha memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yakni EGCG, selain itu bila mengkonsumsi matcha kita akan merasa tubuh lebih berenergi enggak heran banyak coffee lover yang beralih ke matcha latte selain itu bagi saya yang tidak bisa minum kopi terlalu sering, saya bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan mengkonsumsi matcha latte tanpa khawatir dengan efek pada pencernaan atau membuat jantung berdebar sehabis mengkonsumsi kaffein. Saya mengkonsumsi matcha dengan campuran coconut nectar sebagai pemanis bisa juga diganti dengan madu, dan susu yang paling saya suka adalah susu almond atau bila tidak ada diganti dengan susu kambing. Rasanya super enak, dan biasanya saya konsumsi dipagi hari atau paling sering di siang hari untuk membangkitkan energi supaya tidak mengantuk. 




Positive Mind

Terkadang hidup bersikap tidak baik , seseorang bisa saja menjadi buruk karena keadaan yang buruk. Memiliki hati yang murni akan membuat seseorang tetap menjadi dirinya sendiri. Benar kan? siapa sih yang ga pernah mengalami " Bad Day" dan itu tidak terjadi hanya sesekali atau bisa dihitung oleh jari. Saya termasuk orang yang dulu cenderung pesimis dalam menghadapi ujian hidup maklum dari dulu memang terbiasa hidup seadanya waktu masih dibangku sekolah menengah umum saya tidak bisa benar-benar menikmati masa-masa SMU yang katanya indah, karena sudah terlalu "penuh" dengan permasalahan yang ada dirumah, tapi justru karena itu saya jadi lebih dewasa dan mandiri dikala teman-teman asyik berlibur saya sudah wara-wiri cari tempat sekolah yang sesuai dengan kemampuan saya, dan disaat teman-teman masih sibuk sekolah saya sudah sibuk wawancara kerja disana-sini. Alhamdulilah permasalahan hidup melatih pola pikir saya untuk tetap positif meski keadaan sekitar saat itu tidak baik, dan pola pikir positif itu masih saya terapkan sampai saat ini dari hal sekecil apapun, sampai yang paling genting. Saya rasa dengan berpikir positif kita bisa menjaga pikiran tetap "waras"dan akhirnya berserah pada Sang Pencipta. 

Saya pernah baca kalau otak manusia ada pusat segalanya, semua syaraf tubuh ada di dalam otak manusia jadi ketika pikiran manusia mengalami stress atau kekhawatiran berlebih maka dapat menimbulkan ketidakseimbangan pada fungsi syaraf ditubuh, tidak heran banyak contoh kasus dimana orang yang sakit berawal dari stress bukan cuma mempengaruhi kondisi kejiwaan tapi juga kesehatan tubuh. Jadi sebisa mungkin menjaga pikiran agar tetap positif dan relaks adalah salah satu cara menjaga agar tubuh tetap sehat dan sesuai pada fungsinya. 

30 Minutes Workout 

Sudah saya buktikan, ternyata benar saya kurang olahraga itu yang membuat dada kiri saya sering terasa nyeri. Meskipun berat badan saya proporsional namun tidak menutup kemungkinan kolesterol saya tinggi karena saya tahu saya kurang menjaga pola makan dan kurang berolahraga. Dengan bermodalkan Youtube pada pagi hari jika tidak sibuk mempersiapkan anak sekolah saya berolahraga dirumah, dan itu cukup membuat saya berkeringat dan lebih bersemangat sepanjang hari itu. Selain olahraga dirumah saya juga suka jalan pagi kurang lebih 2 KM dari rumah ke area pasar sekalian belanja keperluan. Tips dari saya untuk kamu yang mau mulai berolahraga adalah jangan terlalu memaksakan diri olahraga dengan alat berat atau ikut kelas yang mungkin kamu belum siap untuk mengikutinya secara fisik jadi harus tau batas kemampuan diri jangan sampai cedera karena nanti malah membuat kita trauma, olahraga itu menyenangkan dan harus dilakukan dengan hati yang senang pula. 

Spend More Time With Your Favorite People 

Dalam sebulan seberapa sering kamu kumpul -kumpul ? apakah benar-benar kamu habiskan dengan orang-orang yang kamu sayangi dan memberikan asupan energi yang positif ataukah hanya sekedar kumpul sosial saja? Berkumpul, lalu saling bertukar cerita dan tertawa bersama orang yang kita senangi akan sangat penting, ini juga dapat meningkatkan hormon endorphin dalam diri seseorang. Kalau dalam agama Islam berkunjung dan berkumpul dengan banyak orang disebutnya silahturahmi, dan silahturahmi dapat memperpanjang umur serta membuka pintu rejeki. 







Don't Forget To Be Happy 

Untuk saya bahagia erat kaitannya dengan bersyukur, saya merasakan sendiri ketika saya banyak bersyukur daripada mengeluh, maka hati, pikiran dan tubuh sayapun terasa ringan. Saya tidak cepat marah atau khawatir dengan keadaan yang tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan, dan menjalani rutinitas sehari-hari pun lebih menyenangkan serta selalu timbul ide-ide untuk mengembangkan apa yang saya sedang jalani saat ini. 



Semoga apa yang saya bagikan kali ini bisa memberikan manfaat yah, boleh loh share cara mana yang sudah kalian jalani dan berhasil. 

Thanks for reading :) 






                                                                                                  FIT2FANCY

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

http://users.instush.com/ajax-api/blogger-gadget.aspx?src=%2F%2Fusers.instush.com%2Fbee-gallery-v2%. Powered by Blogger.

Follow by Email

Mom of two who loves beauty and nature // passionate about writing

There was an error in this gadget