Healthy Lifestyle, Beauty , MOM101

Monday, 14 August 2017

Stay At Home Mom (SAHM) Itu Keren !




Sharing parenting kali ini sama sekali tidak bermaksud untuk mengkreditasikan siapapun, apalagi menggurui para ibu hebat diluar sana. Jika Moms adalah SAHM ( Stay At Home Mom) dan merasa bingung atau kurang terinspirasi ,mungkin dengan membaca artikel ini akan memberikan inspirasi yang datang dari narasumber fit2fancy di artikel ini, yuk kita kenalan dulu!

Sosok Puji Nurmawati , ibu dari dua orang anak Lathifa 4 tahun 7 bulan dan Zaidan  8 bulan. Ia adalah teman SMU saya yang sudah lama sekali tidak bertemu malah bisa silahturahmi lagi lewat sosial media. Puji saat ini mengurus rumah tangga dan dua anaknya sendiri, meski ibu muda namun cara Puji mengasuh kedua anaknya cukup inspiratif membuat saya tertarik untuk bertanya lebih dalam mengenai keseharian Puji dan dibagikan dalam satu cerita. Kegiatan sehari-hari , sebagai ibu rumah tangga yang mengurus rumah dan anak-anak tanpa bantuan pembantu, puji memiliki jadwal tersendiri yang ia bagi menjadi tiga waktu pagi digunakan untuk aktivitas beribadah dan menyelesaikan pekerjan rumah yang masuk dalam aktivitas rutin ibu rumah tangga, lalu aktivitas lain adalah mengasuh dan mendidik anak , mengajak anak bermain, mengembangkan hobi dan passion yang di masukkan dalam aktivitas dinamis.

Menjadi SAHM adalah pilihan bagi Puji, meskipun begitu ia masih menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan diluar rumah yang mendukung profesinya sebagai manager keluarga dan home educator bagi anak-anaknya seperti playdate dengan teman-temannya dari jejaring sosial yang memiliki minat yang sama dan beberapa seminar parenting.  Bagi Puji apapun pilihan wanita setelah menikah dan memiliki anak apakah bekerja , berbisnis atau hanya fokus mendidik anak dan merawat keluarga tidak akan mengurangi peranan sebagai ibu dan istri, selama tanggung jawabnya terpenuhi. Puji juga menepis beberapa pandangan orang terhadap SAHM yang tidak memiliki kesibukan diluar rumah , terlihat santai dan kurang berkembang sehingga tidak terlihat keren dibandingkan ibu yang juga bekerja atau memiliki bisnis, baginya menjadi SAHM merupakah profesi yang keren karena memiliki waktu lebih banyak dengan anak-anak , kita dapat mengembangkan kemampuan, hobi dan passion serta membangun kemandirian anak karena usia 0-5 tahun adalah Usia Emas dimana anak-anak sangat mudah menyerap segala hal baru yang mereka terima setiap harinya, bahkan menurut penelitian pada rentan golden age ini memiliki pengaruh besar di kehidupan seseorang. Jika Ibu sebagai Home Educator pertama bagi anak-anaknya maka anak-anak akan tumbuh sesuai apa yang ibunya ajarkan, seperti mengajarkan cara beribadah dan doa-doa, kelak jika mereka mengamalkan  paka pahala untuk orang tua akan terus mengalir, tentunya itu sangat keren bukan ? 

Nah, untuk cara mendidik anak atau pola asuh anak puji berbagi tips-tips yang ia terapkan ke anak-anaknya. Berikut rangkumannya ya

Untuk pola asuh sendiri, puji menerapkan metode 1821 yang dikembangkan oleh abah ihsan , metode dimana anak dan orang tua memiliki waktu bonding time mulai dari pukul 18.00-21.00 yaitu waktu magrib sampai waktu menjelang tidur , dimulai dengan kegiatan ibadah sampai kegiatan relaksasi, metode ini mengurangi screen time anak-anak , waktu -waktu tersebut lebih dimanfaatkan untuk beribadah, belajar, bermain dan mengobrol dengan orang tuanya. Saya pun mencoba menerapkan metode 1821 ini selama satu minggu sejak tidak ada pembantu yang menginap, yang saya rasakan anak-anak jadi mudah untuk tidur lebih awal, esok hari juga mereka bisa bangun pagi dan lebih ceria bahkan anak pertama saya Marsa (3 tahun) setiap malam selalu minta saya untuk membacakan buku cerita , ia sudah tidak pernah menonton televisi sampai larut malam. Untuk ulasan mengenai metode 1821 bisa dibaca disini

Selain metode 1821, Puji juga sering membuat DIY dan membacakan buku-buku cerita. Untuk pilihan buku ceritanya sendiri ia lebih condong ke buku-buku religi karena fokus utama yang paling mendasar adalah pengajaran agama, dalam salah satu postingan di akun instagram miliknya puji membagikan informasi buku apa saja yang ia bacakan untuk anak-anaknya. Lagi-lagi saya pun mengcopy paste , beberapa waktu lalu saya sempat memesan buku cerita anak yang sama dan ternyata isi ceritanya untuk anak- anak usia sekolah dasar sempat agak kesulitan untuk bercerita ke marsa yang lebih menyukai karakter hewan atau tokoh kartun dalam sebuah cerita. Lalu saya melihat isi instagram puji lagi ternyata ia memiliki cara bercerita yang unik untuk memberikan pemahaman isi buku ceritanya bagi anak-anak yang belum dapat membaca sendiri. Sungguh kreatif! , berikut beberapa postingan di akun instagram Puji yang menurut saya cukup inspiratif.






Menjadi SAHM itu tidak sama sekali bisa santai , tidur siang dan nonton sinetron. Sebenarnya lebih sibuk dari pada ibu yang bekerja apalagi jika tidak ada yang asisten rumah tangga atau pengasuh yang membantu. Selama niat kita bukan cuma merawat dan membesarkan anak tapi juga mendidiknya akan ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama anak-anak, menemani anak bermain dengan ikut bermain akan memberikan efek yang berbeda dibandingkan bila kita menyambinya dengan kegiatan lain apalagi sambil nonton televisi atau gadget lainnya.  

Lalu bagaimana dengan peranan suami sebagai partner dan support system utama ?

Suami perlu mendukung apapun yang dilakukan oleh istrinya, selama itu memberikan dampak yang positif bagi seluruh keluarga. Puji sendiri saat ini sedang menjalani hubungan jarak jauh atau Long Distance Married (LDM) . Keterbatasan waktu dengan suami selalu dimanfaatkan untuk berkumpul dan bonding time agar anak-anak tidak kehilangan sosok ayahnya meski jarang bertemu.

Kalau diperhatikan aktifitas Puji cukup melelahkan , bukan cukup tapi sangat melelahkan mengurus dua anak tanpa bantuan dan suami pun berjauhan bahkan tahun ini Thifa anak pertama Puji sudah mulai sekolah tapi Puji memilih untuk mengambil home schooling dengan program-program yang di dapat dari situs www.mungilmu.com , saya tidak dapat membayangkan betapa lelahnya dan mungkin stressfull tapi dari jawaban puji atas pertanyaan saya " Apakah Pernah merasa capek dan kurang motivasi ?"  Puji menjawab bahwa ia selalu berpikir bahwa apa yang ia lakukan bukanlah rutinitas ibu rumah tangga biasa tetapi peluang untuk memperoleh pahala berulang-ulang, dan ketika pikiran positif datang maka semangat selalu menyertai.

Dan ketika sudah penat, Puji menyarankan untuk gunakan waktu yang sedikit dengan melakukan hal-hal untuk diri sendiri seperti me time meski hanya melakukan hal-hal sederhana seperti membaca buku,ngemil cantik tanpa adanya gangguan karena itu rasanya luar biasa, setiap ibu pasti tau rasanya iyakan?

Ternyata menjadi seorang SAHM tidaklah mudah , tapi tidak juga sulit apalagi dengan era sekarang yang serba online, kemajuan teknologi justru dapat dimanfaatkan untuk memudahkan dalam mendidik dan membesarkan anak salah satunya dengan bertukar informasi, ibu jadi tidak merasa sendirian dan bingung untuk mengerjakan tugas-tugas ibu rumah tangga. Semakin banyak nya perkumpulan-perkumpulan ibu-ibu cerdas lewat sosial media sangat amat membantu  dan banyaknya situs-situs khusus untuk ibu dan anak juga dapat memberikan berbagai solusi dari permasalahan seputar rumah tangga dan anak. Setiap ibu menjadi lebih produktif dengan fokusnya masing-masing, tidak sekedar hanya berkumpul dan kocok arisan seperti jaman ibu saya dulu , tapi sekarang kalau ibu-ibu berkumpul bisa menciptakan satu gerakan positif lainnya dan yang terpenting saling mensupport satu sama lain. 

Semoga sharing parenting kali ini bisa menginspirasi ya, saya pun ikut belajar dari setiap ibu yang saya temui , next post saya akan sharing tentang sosok working mom bagaimana bisa menjaga keseimbangan dalam mendidik dan membesarkan anak dengan waktu bertemu yang terbatas, tertarik?





                                                                                                                                             FIT2FANCY










1 comments:

Post a Comment

Search This Blog

http://users.instush.com/ajax-api/blogger-gadget.aspx?src=%2F%2Fusers.instush.com%2Fbee-gallery-v2%. Powered by Blogger.

Follow by Email

Mom of two who loves beauty and nature // passionate about writing