Healthy Lifestyle, Beauty , MOM101

Monday, 31 July 2017

Belanja Dapur Sehat


Sudah lama saya menyiapkan budget untuk berbelanja bumbu dapur dan beberapa camilan yang sehat. Dalam artinya sekarang ini sehat adalah segala sesuatu yang alami dan organik bebas pengawet buatan dan prosesnya pun alami bukan secara pabrikan yang lebih instant.  Karena saat ini saya masih punya dua anak batita yang sangat saya perhatikan adalah bumbu yang digunakan dalam makanannya, terutama adalah Garam. 





Setelah saya amati bukan hanya seberapa banyak jumlah garam yang digunakan dalam suatu masakkan tapi juga jenis garam yang digunakkan, jika selama ini masih menggunakan garam meja yang dijual bebas di pasaran kali ini saya mencoba untuk memberikan garam yang berbeda lebih alami pilihan saya jatuh pada Himalayan Pink Salt dan Balinese Sea Salt . Saya membeli dua jenis garam yang berbeda karena untuk himalayan pink salt ini akan saya gunakan untuk memasak makanan anak-anak saya sedangkan sea salt untuk masakan kami orang tuanya. Kedua garam ini memiliki kandungan gizi dan mineral yang baik dibandingkan garam meja biasa, beda diantara keduanya hanya asal mula terbentuknya berikut info yang saya dapat dari internet ;

Himalayan Pink Salt 

Garam yang berasal dari tambang terbesar kedua di dunia yang bernama khewra salt mine di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan. Garam ini terkubur selama ribuan tahun dibawah lapisan, lava , saju, dan es. Manfaat mengkonsumsi garam ini dapat menambah kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan karena garam ini mengandung antimikroba, selain itu dapat menyeimbangkan pH tubuh dan detokfikasi. Garam ini memiliki kandungan mineral yang banyak, magnesium, kalium, kalsium, fosfor, fluoride, yodium dan masih banyak lagi dan warna pink pada garam ini mengandung zat besi. Banyak banget kan manfaatnya yang sangat baik bila dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan ? Oiya jangan kaget yah ketika masak dengan garam ini, warna masakan akan berubah sedikit menjadi agak pink. 

Balinese Sea Salt 

Garam yang berasal dari laut di kepulauan Bali tepatnya di pantai Kusamba, Para petani garam mengolah garam ini secara alami dengan menggunakan alat-alat tradisional bukan dengan alat pabrikan oleh karena itu jumlah garam yang dihasilkan hanya beberapa kilo saja per harinya oleh masing-masing petani garam. Garam ini juga menjadi salah satu cenderamata yang di beli oleh para turis. Kandungan Garam Laut ini kurang lebih sama dengan himalayan pink salt, Garam ini masih memiliki kandungan mineral magnesium, kalium, sodium, kalsium sedangkan untuk garam meja yang ada di pasaran kemungkinan kandungan tersebut sudah hilang karena proses pemanasan yang tidak alami. Karena penggunaan garam untuk masakan orang dewasa lebih banyak maka saya memilih untuk membeli balinese sea salt lebih banyak dibanding himalayan pink salt karena lebih ekonomis,  untuk harga lebih murah -/+ 8000/ 500gr dibandingkan pink salt.

Kedua garam ini saya membelinya di Nourish Organics & Healthy lewat aplikasi shopee karena bisa bebas ongkir untuk pembelanjaan diatas Rp.90,000 dan bisa dikirim lewat GO SEND. Penting banget kan info ini untuk ibu-ibu :) 




Selain membeli garam saya juga membeli chia seed dan permen Vit C pops, saya juga membeli raw almond dan kain saring di supplier yang berbeda. Untuk Raw Almond dan Chia seed ini akan saya buat pudding untuk anak-anak dan susu raw almond untuk saya dan suami , cerita lengkapnya di postingan blog selanjutnya ya! 

Terima kasih yang sudah membaca !

                          


                                                                                                                                   Fit2Fancy


1 comments:

Post a Comment

Search This Blog

http://users.instush.com/ajax-api/blogger-gadget.aspx?src=%2F%2Fusers.instush.com%2Fbee-gallery-v2%. Powered by Blogger.

Follow by Email

Mom of two who loves beauty and nature // passionate about writing